Jumat, 28 Juni 2013

Meretas Meratus

1 Juni 2013, dalam sebuah bangunan sederhana sebagai tempat belajar mereka, hanya ada beberapa murid yang masih konsentrasi menyalin tulisan di papan tulis hitam yang kusam. Seharusnya yang hadir ada 15 murid, namun karena sebagian besar rumahnya jauh dan nggak ada yang bisa mengantar ke sekolah karena ortu mereka sibuk ke sawah dan ke kebun, akhirnya yang hadir hanya 8 orang.

Kendati demikian, mereka tetap bersemangat mengikuti pelajaran dari Ibu Guru Jumi. Tawa canda yang menjadi selingan mereka, dan tingkah-tingkah lucu dan iseng lainnya kerap menghiasi suasana belajar mereka. Mungkin dengan begitulah rasa jenuh mereka bisa teratasi.

Itulah suasana yang terekam ketika admin kembali datang ke Kiyu. Awal Juni ini, TK Bangun Meratus sedang aktif mengajar. Nggak seperti biasa, TK itu pintunya tertutup rapat dan nggak ada terdengar suara polos atau teriakkan khas anak kecil yang terdengar. Sangat kontras dengan awal bulan ini. Bangunan sederhana itu kini seakan menemukan nyawanya lagi.

Di Kiyu Desa Hinas Kiri hanya ada satu buah TK yang bernama TK Bangun Meratus. TK ini melakukan kegiatan belajar mengajar dari pukul 8 sampai 10 pagi. Yang diajarkan hampir sama dengan TK pada umumnya, membaca, menulis, berhitung dan bernyanyi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar